Menghijaukan Kampung Ceria dengan Tanaman Cabe

Kampung Ceria/17 April 2011 - Cuaca sungguh bersahabat. Kondisi tersebut tidak disia-siakan tim ceria untuk melaksanakan tugas mulia yaitu melakukan pendampingan kepada adik-adik di Kampung Ceria, Jetisan. Kegiatan kali ini cukup spesial dan memang tim ceria selalu menawarkan kegiatan yang berbeda dan menarik setiap pertemuannya, boleh ditebak kalau benar juga tidak ada hadiahnya apalagi kalau salah, namun daripada penasaran lebih baik saya berikan clue-nya yaitu berkaitan dengan go green.
Yups, tepat banget seperti judulnya di atas, kegiatan tim ceria adalah menumbukan pohon cabe. Mulanya kegiatan tersebut dipandu oleh enam awak anggota komunitas ceria. Mereka ada Choy, Umam, Dwika, Vemy, Nur, dan Inda. setelah menanti cukup lama dan mulai kepanasan di tempat kumpul rutin, akhirnya tepat jam 09.30 tim ceria ini berangkat menuju Jetisan.
Sesampai di Jetisan, ternyata tim ceria cukup terkejut dengan keriangan adik-adik yang sudah dahulu stand by di rumah ceria. Ini merupakan salah satu bukti bahwa kegiatan yang telah teman-teman komunitas ceria bangun di sana telah mendapatkan perhatian dari adik-adik, apalagi juga ada orang tua dari adik-adik yang tidak hanya mengantarkan buah hatinya untuk mengikuti kegiatan yang difasillitasi oleh tim ceria,  mereka juga ada yang rela mnunggui putra-putrinya dan akhirnya ikut serta dalam salah satu kegiatan yang khusus tim ceria buat untuk ibu-ibu tersbut, apa itu? Eitss tunggu dulu.
Seiring berjalannya kegiatan bukan berarti semakin bertambah loyo atau bete, justru  semakin meriah saja dengan bertambahnya jumlah personel tim ceria dari enam menjadi sembilan orang, yang saya rasa cukup untuk menghebohkan kampung ceria. Kegiatan utama hari itu selain menanan pohon cabe sebagai kegiatan utamanya juga ada kegiatan selingan yang biasa dilakukan diawal pertemuan yaitu pelajaran tambahan untuk membantu adik-adik menyelesaikan PR, mewarnai, peremainan edukatif, dan untuk ibu-ibu yang bisa hadir ada kegiatan khusus yaitu merajut, wah komplit dech.
Untuk kegiatan utamnya yaitu menanam cabe dilakukan berkat inisiatif dari salah satu tim ceria yang concern terhadap lingkungan. Kegiatan tersbut sengaja diberikan sebagai sarana pembelajaran untuk menanamkan kepedulian terhadap lingkungan dan memang baiknya edukasi tentang lingkungan diberikan sejak dini. Adik-adik diajak untuk menanam cabe yang sudah disiapkan tim ceria dalam bentuk polibag yang kemudian dimasukkan ke dalam plastik lalu diisi dengan tanah. Di samping bisa menumbuhkan cinta terhadap lingkungan, upaya tersebut bisa dijadikan bekal bagi adik-adik sebagai generasi penerus bangsa yang bercita-cita menjadi petani cabe yang sukses, amin. (Choi)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar