Kincir-kincir Kecerian di Jetisan

Jetisan-Kincir-kincir angin itu berputar di Desa Jetisan. Mereka berputar kencang dengan penuh keceriaan. Berputarnya kincir angin tersebut tidak terlepas dari hembusan angin yang meniupnya. Angin yang baik berhembus dan menggerakkan kincir angin. Kincir angin dan angin itu sendiri adalah sahabat yang memiliki ikatan erat. Perumpamaan di atas adalah gambaran yang terjadi minggu ini. Bilamana kincir angin adalah adik-adik Jetisan maka tim ceria adaah angin pendorong kincir itu bergerak.
Minggu ini tepatnya tanggal 17 Mei adalah good time bagi adik-adik Jetisan berkumpul bersama tim ceria. Tim ceria telah merencanakan mengisi kegiatan outbond untuk yang kedua kalinya. Outbond kali ini diadakan untuk mengisi waktu libur satu hari serta untuk menciptakan suasana baru bagi adik-adik Jetisan. Sebagaimana kita tahu kegiatan outbond dapat melatih kekompakan dan belajar untuk berkompetisi secara sehat.
Dalam kegiatan tersebut terhitung ada belasan anak yang ikut outbond bersama tim ceria, meskipun mulainya agak kesiangan ternyata mereka menikmati permainan yang  ada, beberapa permainan outbond yang tim ceria mainkan diantaranya adalah:


->Bermain peran "pohon-kelinci-penebang pohon"
Dalam permainan ini adik-adik dibagi secara berkelompok dimana satu kelompok terdiri dari tiga orang. Di dalam satu kelompok ada yang berperan sebagai pohon dan kelinci. Aturan permainannya adalah jika ada perintah "ada penebang pohon" maka pohon yang berpasangan hariu berganti pasangan dan  berpindah ke tempat lain. Lalu apabila dikatakan "ada gempa" maka baik kelinci maupun pohon harus berganti pasangan dan pindah tempat. Bagi pohon atau kelinci yang tidak menemukan pasangannya maka dia akan mendapat tugas yang telah disepakati sebelumnya.

-> Melatih kejujuran, kekompakan, dan leadership melalui Petak Umpet Kerikil
Dalam permainan ini adik-adik terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok A dan B. Setiap kelompok memiliki pemimpin yang bertugas untuk mengakomodasi saran dari anggota kelompoknya. Permainan dimulai berurutan dari A ke B lalu kembali seterusnya. Jika A yang mulai dahulu maka pemimpin kelompok A akan ditugasi untuk menyembunyikan kerikil diantara anggotanya. Tugas kelompok B adalah berusaha menebak dimana kerikil itu disembunyikan. Aturannya kelompok yang mampu menebak dengan benar sebanyak tiga kali maka kelompok itulah pemenangnya.

-> Lanjutkan Apa...
Dalam permainan ini masih dimainkan secara berkelompok. Ada dua kelompok yaitu A dan B. Permainan dimulai berurutan dari A ke B bergiliran. Jika kelompok A yang bermain dahulu maka secara bersama-sama anggota kelompok A akan mengatakan sesuatu misalnya tentang "bundar" maka kelompok B diharuskan untuk melanjutkan kata yang berkaitan dengan kata bundar yang diteriakkan secara bersama-sama. Permainan ini cukup tricky sehingga menuntut pembendaharaan kata yang banyak selaian juga kekompakan.
A: Biru langit-biru langit biru langit apa. Sekarang langit mendung, mendungnya-mendung apa?
B: Mendung awan-mendung awan, mendung awan namanya, sekarang awan panas-panas apa namanya?
-> Hulahop Berantai
Dalam permainan ini juga dilakukan secara berkelompok. Adik-adik dibagi menjadi dua kelompok A dan B. Mereka diminta untuk membentuk rantai dengan cara bergandeng tangan secara melingkar. Lalu hulahop dimasukkan ke dalam rantai tangan tersebut. Ini adalah permainan adu tangkas dan kecepatan, siapa yang terlebih dahulu mampu memindahkkan hulahop dari  pemain awal hingga kembali ke pemain semula maka kelompok itulah pemenangnya. Permainan ini sangat seru karena setiap pemain harus mampu memasukkan tubuhnya ke dalam hulahop, tanpa melepas tangannya. Jika rantai terputus maka harus diulang dari awal.
Kegiatan outbond ini menjadi berkesan setelah di akhir acara adik-adik berkumpul dan diajak mengungkapkan perasaan mereka tentang outbond tersebut. Satu kata yang masih teringat yaitu "semangat".



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar