Pentingkah Aktifitas Bermain bagi Anak-Anak?

Tidak semua orang sepakat menyatakan adanya manfaat yang bisa diperoleh anak dari aktivitas bermain. Mereka yang tidak sepakat berangapan bahwa bermain merupakan aktivitas hiburan yang hanya sekedar sebagai pengisi waktu luang. Namun sebenarnya, banyak hal yang bisa didapatkan seorang anak jika ia diberikan kesempatan untuk memasuki dunianya, yaitu dunia bermain.
Dunia anak-anak salah satunya adalah kegiatan bermain. Bermain bagi anak-anak merupakan kegiatan yang dilakukan dengan penuh kesenangan dan kepuasan. Kegiatan yang dilakukan dengan senang akan mudah dipelajari. Bermain adalah sarana untuk belajar mengenal kehidupan.
Pengenalan berbagai macam aktivitas kehidupan akan lebih mudah jika anak melakukannya  dengan penuh kesenangan sehingga secara perlahan namun pasti setiap apa yang diajarkan kepada anak akan lebih mudah melalui kegiatan bermain. Melalui aktivitas bermain, anak-anak dapat dengan mudah menguasai berbagai macam keterampilan baik  fisik maupun sosial serta dapat mengembangkan kecerdasan intelektual dan emosional. 
Keterampilan fisik membantu anak dalam membentuk perkembangan tubuh lalu keterampilan sosial membantu anak dalam proses pergaulan. Kecerdasan intelektual diperoleh anak ketika ia menggunakan pikirannya untuk memahami apa yang diajarkan sedangkan kecerdasan emosional diperoleh anak ketika ia menggunakan perasaannya saat berinteraksi dengan teman-temannnya. Proses belajar melalui bermain akan menciptakan suatu pemahaman yang lebih kuat dan mendalam sebab dengan adanya unsur kepuasan tadi, seorang anak akan lebih mengingatnya.

Jadi banyak manfaat yang bisa diperoleh dari aktivitas bermain. Bermain dapat membentuk karakter anak, membantu perkembangan tubuh, membantu dalam proses pergaulan, dan bermain memiliki peran dalam membentuk kepribadian.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar